Pantai Batu Bengkung MALANG

Pantai Bengkung atau juga dikenal sebagai Pantai Batu Bengkung secara administratif berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Lokasi Pantai Bengkung berada tepat di sebelah barat dari Pantai Jelangkung. Pantai Bengkung bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam dari Kota Malang. Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Malang bisa mengikuti arah menuju Pantai Sendangbiru. Kondisi jalan yang dilalui sudah lebar dan mulus dengan dikelilingi pemandangan yang indah khas pantai yang berbukit-bukit.


Beberapa kilometer sebelum pantai Sendangbiru Anda bisa melalui jalur lintas selatan (JLS) dan mengikuti arah menuju ke Pantai Goa Cina dan pantai Bajulmati. Sekitar 2 km setelah melewati Pantai Bajulmati akan dijumpai sebuah papan petunjuk yang akan mengarahkan anda menuju Pantai Bengkung. Sayangnya sampai saat ini jalan dari jalur lintas selatan menuju Pantai Bengkung masih berupa makadam.

Saat ini Pantai Bengkung dikelola oleh pihak Perhutani dengan harga tiket masuk sebesar 6 ribu rupiah per orang. Setelah melewati pintu loket Anda akan melalui dua pantai kecil sebelum sampai menuju Pantai Bengkung. Ketiga area pantai itu saling berhimpitan dan hanya dipisahkan perbukitan karang dan bebatuan. Ketiga area di pantai-pantai tersebut memiliki keindahan yang tersendiri dan akan mempesona para wisatawan yang datang.

Di lokasi pertama jika diperhatikan panoramanya mirip dengan Teluk Bay yang ada di daerah Banyuwangi. Pemandangannya masih sangat alami. Di sini sangat terlihat cekungan air laut yang menjorok ke daratan. Sisi kanan dan kirinya dibatasi oleh tebing-tebing yang tinggi. Terdapat banyak terumbu karang dengan keanekaragaman flora dan fauna khas laut. Wisatawan bisa bermain air di tepian pantai. Belum lagi pasirnya yang sangat lembut membuat anda akan betah berlama-lama di sini.

Tidak jauh dari kedua pantai tersebut maka sampailah di Pantai Bengkung yang dituju. Di Pantai Bengkung ini tak kalah indahnya dengan kedua pantai sebelumnya. Di sini pemandangannya sangat indah. Begitupun suasananya masih sangat alami. Keberadaannya masih belum terkenal, tidak terlihat pedagang berjualan di sini. Bahkan tidak terdapat fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang. Hanya tampak keindahan dan keasrian pantai yang disuguhkan. Di Pantai Bengkung kita bisa memandang birunya laut dan tebing karang yang tinggi. Airnya pun berwarna biru bening menyegarkan. Sementara pasir pantainya berwarna putih agak kecoklatan.

Selain keindahan alamnya, Pantai Bengkung memang menawarkan keunikan tersendiri yang bisa Anda nikmati. Yang paling unik dari Pantai Bengkung adalah terdapat sebuah tempat berbentuk seperti kolam dan Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk berenang. Airnya pun sangat jernih. Kolam tersebut terbentuk akibat deburan ombak yang menembus celah-celah batu karang penahan ombak. Genangan air berbentuk kolam di balik bebatuan itu lumayan dalam dan terlihat begitu indah. Dari kejauhan batu karang itu terlihat kecil tetapi sebenarnya sangat besar dan mampu menghalangi deburan ombak besar. Hal itu menambah keeksotikan pantai batu bengkung ini.

Di Bengkung memang memiliki deburan ombak yang cukup besar sehingga bagi pengunjung yang membawa anak-anak untuk selalu berhati-hati dan waspada saat bermain di pantai ini. Pantai ini menjadi destinasi favorit di kalangan pemancing lokal karena di sebelah timur juga bersebelahan dengan Pantai Nglepek dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sendangbiru. Jika Anda berkunjung ke Pantai Bengkung ini sempatkan untuk membawa plastik penampungan sampah sendiri agar tidak mengotori pantai yang masih alami ini. Hal itu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata ini. 

Related Post